29 January 2011

Indonesia Merdeka


Sudah lebih 60 tahun Indonesia merdeka sejak Jum'at 17 Agustus 1945. Umur yang sudah termasuk tua untuk ukuran manusia. Berbagai cerita sudah dilewati negara ini. Kejayaan, keterpurukan, perang, kemiskinan, limpahan sumber kekayaan, kemenangan, dan banyak cerita lainnya yang menjadi catatan sejarah sampai menuju kondisi kekinian yang masih saja belum memberikan kepastian akan jati diri Indonesia sebenarnya. 


Indonesia merdeka. Kemerdekaan lekat dengan kemandiriaan, kemerdekaan dekat dengan arah kemakmuran dan kesejahteraan. Kemerdekaan yang sudah sedemikian lama seharusnya menempatkan Indonesia sebagai negara yang mandiri dalam menetapkan kebijakan menyangkut dirinya, mandiri dalam menentukan arah tujuan bangsa dan negara, serta mandiri dalam mengelola segala sumber daya yang dimiliki.


Kemandirian suatu negara sebagai buah dari kemerdekaan yang dimiliki, seharusnya juga menghasilkan tingkat kesejahteraan dan kemakmuran rakyat, bangsa, dan negara. Karena kemakmuran suatu negara hanya bisa didapat dengan kemandirian tanpa ekspansi dan tekanan dari pihak lain dalam mengelola segala potensi yang dimiliki.

Tetapi kenapa kemerdekaan yang telah diperoleh negara Indonesia tercinta ternyata tidak memberikan manfaat dan korelasi yang signifikan kepada tingkat kesejahteraan rakyat secara merata?.... Apakah kemerdekaan tersebut ternyata tidak ditularkan secara kolektif dan individu kepada seluruh komponen bangsa, sehingga mentalitas sebagai bangsa yang merdeka tidak dimiliki oleh seluruh rakyat dan bangsa Indonesia?.  Padahal, Jiwa yang merdeka merupakan kekuatan dasar yang sangat besar dalam memotivasi tingkat kreatifitas dan produktifitas yang terus berkembang. Bila Indonesia telah merdeka, kenapa masih banyak sekali jiwa yang merasa tidak merdeka?. Bila sudah merdeka, kenapa masih tidak mandiri sebagai bangsa dan negara?. Bila sudah merdeka, kenapa masih ada ketergantungan. Dan bila sudah merdeka, kenapa masih menjadi negara miskin, bodoh, dan mundur menjadi negara tidak produktif dan tidak berprestasi????......

Bila Indonesia merdeka, kemerdekaan melahirkan kebebasan yang kemudian tumbuh menjadi kemandirian yang produktif dan berlanjut menjadi kedewasaan negara yang makmur, sejahtera, cerdas dan pintar. Suatu negara merdeka akan tumbuh sebagai negara yang kuat dan bukan menjadi negara yang lemah dan serba bergantung. Bila kedua kondisi ini masih ada pada suatu negara yang telah bebas merdeka dari penjajahan, maka ada yang salah dari mekanisme yang dijalankan negara tersebut.....

Indonesia merdeka, Hiduplah Indonesia Raya..... jayalah negeriku.
by : Rulianto S. (29/01/2011).

0 comments:

Post a Comment

Tinggalkan komentar untuk menyempurnakan artikel ini,

Listen to the Qur'an: